Tips -tips dalam Gestun Kartu Kredit

iklangestun.com – Pada dasarnya, manfaat terpenting dari kartu kredit adalah penolong saat keperluan mendadak tiba-tiba datang tanpa diduga. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan menggunakan kartu kredit. Namun bila bersikap sembrono / menggampangkan, kartu kredit bisa menjelma jadi beban keuangan yang bisa menjerumuskan kita dalam lubang hutang (Hutang bunga berlapis pada pihak bank penerbit dan operator kartu kredit MasterCard / Visa). Berikut adalah tips yang disarikan dari ajaran pakar ekonomi seputar manfaat dan kekurangan memiliki kartu kredit. Disini sebagai bonus juga akan dibagikan tips & trik penggunaan kartu kredit secara cermat.

 

Keuntungan memiliki kartu kredit antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kita bisa memperoleh dana segar sewaktu-waktu utk keperluan yg mendadak.
Menarik tunai kartu kredit bisa kita lakukan sewaktu-waktu. Tentunya besar uang tunai yang bisa digesek adalah sesuai limit kartu, Jadi limit dan record baik di mata bank harus kita jaga terus agar semakin besar. Untuk mencairkan dana melalui pihak bank, semua orang tahu bahwa kita dikenakan bunga yang sangat tinggi karena itu adalah tarif rate berlapis dari pihak bank penerbit kartu kredit serta pihak operator pusat kartu kredit dunia (yaitu Master Card, Visa dan Amex). untungnya di kota besar seperti jakarta ini, ada beberapa pihak yang melayani jasa gesek / tarik tunai / pelunasan kartu kredit dengan fee yang lebih masuk akal. Jauh lebih murah dari yang ditarik pihak bank.
2. Kenyamanan Saat Berbelanja.
Berbelanja dengan membawa selembar kartu kredit tentunya lebih nyaman daripada membawa segepok uang tunai dalam dompet.
3. Potongan Harga saat berbelanja dengan kartu kredit.
Banyak sekali merchant-merchant (toko) yang menyediakan promo/diskon yg bekerja sama dengan penerbit kartu kredit.
4. Keamanan saat berbelanja bila dibandingkan dengan membawa uang tunai.
Kartu kredit bisa mengantisipasi kejahatan, karena pencuri dan penjahat tentunya sulit dan bisa dibilang mustahil bisa menggunakan sebuah kartu kredit curian. Ini tentunya berguna di kota-kota besar yang rawan
5. Jangan kuatir akan denda bunga yg tinggi, asal anda melunasi tagihan sebelum jatuh tempo.
Simpan nomor telepon pihak yang melayani jasa gesek tunai . Rolling / pelunasan akan membantu untuk mengulur waktu, memberi kesempatan pada kita untuk “bernapas” dan memperbaiki track-record histori kartu kredit kita di mata bank.
6. Image baik (Image Strata Sosial Yang lebih Tinggi).
Sebenarnya ini adalah keuntungan yang tidak terlalu penting, tetapi faktanya rekanan / relasi akan memandang kita lebih bila kita memiliki kartu kredit.

Sedangkan kelemahannya :

1. Bunga yang Sangat Tinggi.
Charge bunga pada tagihan kartu kredit adalah fee yang dikenakan oleh banyak pihak, yaitu pihak bank penerbit (bank lokal), pihak penyedia mesin gesek, serta pihak operator / provider pusat (bisa Visa, Mastercard atau Amex). Jadi jelas saja bunga yang muncul sangat tinggi. Bunga tinggi ini sudah menunggu, begitu sekali kita menunggak / terlambat, bunga berlapis ini akan semakin berlapis dan menjerat kita. Karena itu membayar tagihan kartu kredit sesuai waktu itu amat sangat penting. Catat baik-baik tanggal jatuh tempo.
2. Masa Jatuh Tempo yang “Kaku, Tegas dan Kejam”.
Tidak ada toleransi. Jika sampai pada masa jatuh tempo anda belum membayar tagihan kartu kredit pada pihak bank, maka bisa dipastikan anda akan mulai terjerat dengan bunga kartu kredit yg berlapis-lapis. Ini adalah masalah kartu
kredit yang bisa melilit kita untuk jangka waktu yg lama, jika manajemen keuangan Anda belum stabil, sebaiknya gunakan jasa talangan rolling / pelunasan kartu kredit seperti yang telah kami sebut di atas. (Untuk meringankan beban) .

Selanjutnya sekarang kita bahas tips dan trik menggunakan kartu kredit :

1.Bayarlah tagihan Anda sebelum jatuh tempo untuk menghindari bunga.
Bunga dari bank sangat tidak rasional karena rate dibentuk oleh bank penerbit lokal, ditambah lagi oleh provider layanan central yaitu MasterCard / Visa / Amex.
2. Bila memungkinkan, gunakan untuk investasi usaha, bukan melulu untuk berbelanja.
Ide untuk mencairkan dana kartu kredit melalui jasa gesek tunai / tarik tunai adalah pikiran yang sangat logis /rasional. Memanfaatkan kartu kredit untuk modal usaha lebih baik dari pada sekedar dipakai untuk belanja hal-hal yang tak perlu. Hindari konsumerisme kartu kredit berlebih. Fokuslah pada pengembangan asset bisnis.
3. Bayarlah tagihan Anda tepat waktu dan sebesar jumlah belanjaan.
Artinya, jangan memanjakan diri dengan menunda pembayaran tagihan. Jika pengalaman menunjukkan bahwa kita tak sanggup mengontrol diri untuk tidak melulu belanja, maka siapkan diri kita dengan pihak-pihak penyedia jasa pelunasan / gesek tunai .Mereka bisa membantu pembayaran penuh (full-payment), bukan sekedar minimum payment.
4.Gunakan kartu kredit kita secara pribadi / personal,
Jangan biasakan membagikan kartu kredit pada orang lain, entah itu keluarga, apalagi sekedar teman.
5.Simpan kartu kredit untuk pembayaran dengan sistem cicilan.
Jangan terjebak untuk selalu mengandalkan pembayaran melalui kartu kredit kalau Anda hanya bisa membayar pinjaman dengan cicilan. Jaga record nama baik Anda di catatan bank penerbit.

Semoga artikel ini memberi manfaat dan kita semua tidak terjebak oleh bunga dari pihak bank dan provider kartu kredit luar negeri yang sering kali menumpuk tanpa kita sadari.

“Kartu kredit bisa sangat bermanfaat jika kita bijak dalam menggunakannya dan jika kita memiliki rekanan yang terpercaya untuk membantu talangan di saat kita membutuhkan.”

Banyak testimoni pebisnis /pengguna kartu kredit yang memperoleh banyak keuntungan finansial melalui jasa layanan tarik / gesek tunai .sehingga usaha dan keuangan mereka lebih stabil dan berkembang.